Sunday 13 September 2009

.:: soal buat ulangan fisika besok ::.

Latihan Soal Gaya Gesek dan Gaya Gravitasi

  • 1. Sebuah benda bermassa 3 kg ditempatkan pada bidang miring dengan kemiringan 450. Jika benda ditarik dengan gaya 50N menuju puncak bidang miring, tentukan besar percepatan benda jika koefisien gesekan benda dengan bidang sebesar 0,1!
  • 2. Sebuah mobil melewati tikungan kasar dengan kecepatan maksimum 40 km/jam. tentukan besar koefisien gesekan gesekan mobil dengan aspal jalan jika jari - jari lintasan 15 meter untuk tikungan dengan kondisi datar dan tikungan miring dengan kemiringan 30 derajat!
  • 3. tiga buah benda bermassa 2 kg, 3 kg dan 4 kg menempati titik - titik pada segi tiga ABC dengan panjang sisi AB = 3m , BC = 5m dan AC =6m. tentukan gaya gravitasi yang dialami oleh benda 2 kg yang ditempatkan pada titik A
  • 4. berat sebuah benda di permukaan bumi 200N. tentukan berat benda tersebut di ketinggian 3r dari permukaan bumi! ( r = jari - jari bumi )
  • 5. dua buah planet dengan massa jenis sama tetapi memiliki jari - jari dengan perbandingan 2:1. tentukan perbandingan kuat medan gravitasi kedua planet tersebut!
  • 6. Dua buah benda bermassa 4 kg dan 5 kg, terpisah sejauh 25 cm. sebuah benda bermassa 1 kg ditempatkan diantara kedua benda tersebut. tentukan letak benda tersebut dari benda pertama sehingga mendapatkan medan gravitasi sama dengan nol!
  • 7. jarak bumi matahari = 3 kali jarak bumi dengan yupiter. jika kala revolusi bumi 1 tahun tentukan kala revolusi yupiter!
  • 8. tentukan kecepatan orbit sebuah satelit mengintari bumi agar tetap beredar pada lintasannya, jika jaraknya dari permukaan bumi = 2r! ( r = jari - jari bumi )

8 Comment:

Reyvateilia said...

oke banget neh...

Raven Winguard said...

waw waw, ni soal vck klas brp?

uRieL said...

klaz 2 ~

latiannya sih bisa.. bgtu ulangan.. @_@
:sweat:

Freelance Finance said...

prof satu tambah satu berapa???

hehehehe..

nice post, indeed :D

Laskar Jomblo said...

Waduh....
Puyeng aku....
Ni pelajaran yang ku ga' ngerti dari dulu....

hahahaha...

Reyvateilia said...

ini dari guru...
susah banget nih

Raven Winguard said...

2 apa?

SMA?

Reyvateilia said...

io 2 sma...
susah banget gile

Post a Comment